Tempe, Makanan Tradisional Dengan Sejuta Manfaat Untuk Kesehatan

Manfaat Tempe Untuk Kesehatan, Kandungan Gizi TempeTempe adalah makanan tradisional di dalam perkembangan masyarakat Indonesia. Selain harganya yang murah, tempe juga bisa Anda dapatkan dengan mudah. Walau banyak yang mengira tempe adalah makanan yang kurang enak dan tidak mewah, namun Manfaat tempe untuk kesehatan sangat banyak.

Tempe merupakan makanan yang terbuat dari kacang kedelai yang diproses secara fermentasi dengan jamur yang bernama Rhizopus oligosporus. Berdasarkan penelitian dalam kandungan gizi tempe sama dengan kandungan gizi yang ada pada yogurt.

1.    Kandungan Tempe

Makanan ini salah satu sumber protein nabati. Yang mempunyai Manfaat tempe untuk kesehatan seperti terdapatnya serat, kalsium, vitamin B dan zat besi. Dengan antibiotika dan antioksidan dapat berguna dalam penyembuhan dalam infeksi serta mencegah penyakit berbahaya.

2.    Sehat untuk Jantung

Berdasarkan penelitian yang berkembang beberapa tahun terakhir, protein kedelai dalam kandungan gizi tempe sangat berguna dalam menjaga kesehatan jantung. Penelitian ini sekaligus memberi bukti bahwa senyawa protein dalam tempe dapat menghambat pertumbuhan kolesterol jahat sebesar 30-45 persen.

Kolesterol jahat dapat menjadi faktor utama susahnya peredaran darah pada pembuluh darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke. Hasil juga mengatakan bahwa tempe dapat menambah kadar HDL atau kolesterol baik untuk darah, yang berfungsi untuk menurunkan jumlah kolesterol jahat dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

3.    Mengendalikan Gula Darah

Tempe sangat aman dimakan para penderita diabetes. Kandungan protein dan seratnya dapat menghambat meningkatnya kadar gula darah. Penderita diabetes biasanya gampang menghadapi gejala aterosklerosis atau radang pembuluh darah yang mengenai jantung, sehingga harus tetap dalam kondisi rendah. Inilah mengapa mengonsumsi tempe baik bagi penderita diabetes.

4.    Mencegah Kanker

Kandungan serat membuat Manfaat tempe untuk kesehatan sangat tinggi tak hanya berguna untuk saluran cerna, namun berguna untuk menghilangkan racun dan kolesterol sebagai pemicu gejala kanker dan membuang seluruhnya dalam tubuh dari dalam tubuh. Racun yang telah terikat tidak dapat merusak sel-sel dalam tubuh.

Penelitian yang telah dilakukan yang bertempat di Universitas North Carolina, Amerika Serikat, memaparkan bahwa genestein dan phytoestrogen yang terdapat dalam kandungan gizi tempe ternyata dapat menghambat kanker prostat, payudara dan penuaan dini.

Pencarian :
  • manfaat tempe
  • makanan tradisional
  • kandungan tempe
  • makanan tempe
  • makanan tradisional beserta kandungan dan manfaatnya
  • gizi
  • tempe berguna untuk

Artikel Terkait : Tempe, Makanan Tradisional Dengan Sejuta Manfaat Untuk Kesehatan

Leave a Reply